Twitter Follow Me

“Selamat datang di blog-ku.Di blog ini ada banyak artikel IT yang bisa sahabat download.Tapi ingat,tetap patuh pada kode etik Blogger ya :)

Minggu, 25 September 2011

Pengertian UML ( Unified Modeling Language )

Published by Irfandy Thalib

UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem software (http://www.omg.org).
UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic, atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented database (Dharwiyanti, 2003).
Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari tiga elemen utama dari UML seperti building block, aturan-aturan yang menyatakan bagaimana  building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum (common). Terdapat tiga hal dalam building block, yaitu benda (things), relasi, dan diagram.

Untuk lebih mengetahui mengenai UML,berikut saya beri link untuk download file Pengantar UML

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum berkomentar,centang dahulu "Subscribe by email" agar follow up komentar agan-agan dapat dikirim lewat email :)